);

Informasi Saham Bagi Anda Yang Ingin Berinvestasi

Saham adalah instrumen investasi yang populer saat ini. Saham sejatinya adalah bagian dari instrumen jangka panjang yang begitu menguntungkan bagi pelaku bisnis. Fakta membuktikan bahwa 5 tahun terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tumbuh hingga 64,5% di bulan Juni 2019. Informasi saham seperti ini tentu menandakan kinerjanya yang lebih bagus dibanding harga emas global yang tumbuh diangka 5,55% saja.

income.id

Instrumen investasi lain seperti deposit juga memberi imbalan yang cukup baik meskipun hanya ada di kisaran angka 5 hingga 7% per tahunnya. Setiap instrumen investasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda yang ingin main saham atau investasi dibidang saham, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, khususnya jika masih pemula.

Indeks Yang Sering Dijadikan Acuan Investasi Saham

Karena ada banyak saham yang ada di BEI tentu tidak mudah untuk menentukan investasi. Anda bisa mengacu pada indeks saham yang telah dibuat oleh BEI. Indeks saham ini merupakan ukuran statistik untuk perubahan gerak harga saham berdasarkan kriteria tertentu untuk sarana tujuan investasi. Saat ini BEI mempunyai 21 indeks saham yang telah tercatat di bursa saham.

Indeks tersebut mempunyai karakteristik berbeda yang bisa dipakai untuk modal pembacaan saham secara umum. Indeks yang banyak digunakan adalah IHSG yang telah disebutkan diawal. IHSG sendiri merupakan indeks utama yang dijadikan pokok pengukuran gerak semua saham yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia. IHSG dijadikan pembanding kinerja reksadana saham untuk tolak ukur kinerja.

Selain IHSG masih banyak indeks acuan saham yang ada di Indonesia, sebut saja LQ45. Sesuai nama, indeks ini hanya memiliki 45 saham terpilih berdasarkan likuiditas tertinggi dan kriteria tertentu di Indonesia, sebut saja seperti kapitalitas hingga prosentase nilai saham beredar. Pemilihan daftar LQ45 biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Ada juga IDX 30 yang mengukur performa harga 30 saham yang mempunyai likuiditas tertinggi dengan kapitalitas terbaik dan didukung adanya fundamental perusahaan yang terorganisir. Itu informasi saham yang membahas mengenai berbagai indeks untuk acuan investasi. Sudah siap untuk investasi dibidang saham?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *