);

Mengenal jenis-jenis Konjungsi Temporal

Apabila anda saat ini membutuhkan informasi mengenai konjungsi temporal maka anda bisa mengunjungi situs resmi ini  rumus.co.id dan simak penjelasan ini sampai tuntas. Kalau kita berbicara dalam dunia tulis menulis pastinya anda sudah sangat mengenal yang namanya temporal. Hanya saja yang sering terjadi pada masyarakat, mereka sering mendengar dan menggunakannya namun mereka tidak tahu artinya.

rumus.co.id

Konjungsi temporal atau kata hubung merupakan salah satu yang sangat utama pada bidang tulis menulis. Keberadaan kata hubung ini memang sangat dibutuhkan ketika menyusun sebuah kalimat yang benar dan sesuai dengan EYD. Mengingat keberadaan konjungsi ini penting dalam penyusunan kalimat maka pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai berbagai jenis konjungsi.

Apakah anda sudah tidak sabar ingin tahu apa itu kata hubung? Nah, tidak perlu menunggu lama silahkan simak penjelasan dibawah ini :

  1. Pengertian Konjungsi Temporal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau konjungsi temporal adalah kata hubung. Jadi lebih lengkapnya konjungsi temporal merupakan suatu kata tugas yang memiliki peranan dalam menghubungkan dua klausa atau lebih. Kata hubung ini lebih mengacu pada saran kohesi sebuah teks dan waktu.

Pada teks kohesi ini memiliki banyak hal yang harus perlu mendapatkan perhatian khusus. Mengingat setiap kata yang akan disusun pada setiap unsurnya harus memiliki keserasian. Ketika semua itu sudah terpenuhi maka akan tercipta sebuah kata yang indah, enak dan nyaman untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca.

  1. Jenis-jenis konjungsi Temporal

Mengingat memiliki fungsi sebagai kata hubung, untuk memahaminya maka konjungsi temporal ini dibagi 2 jenis yaitu konjungsi temporal sederajat dan bertingkat. Agar anda lebih paham mengenai dua jenis kata hubung ini maka silahkan simak penjelasan ini :

3. Konjungsi temporal sederajat

Konjungsi temporal sederajat merupakan sebuah kata hubung yang mengandung sifat sederajat atau setara. Jenis kata hubung ini tidak boleh atau tidak bisa diletakkan pada awal sebuah kalimat. Apabila anda sengaja meletakkan kata hubung di awal kalimat maka kalimat tidak enak dibaca.

4. Konjungsi temporal bertingkat

Kata hubung bertingkat ini berbeda dengan kata hubung sederajat. Jenis kata ini biasanya akan ditempatkan pada awal kalimat dan ditengah kalimat serta di akhir kalimat.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis konjungsi temporal. Semoga dengan adanya penjelasan ini akan menambah pengetahuan anda dalam menyusun kalimat yang sesuai dengan EYD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *