);

Perjalanan Panjang Amerika Serikat

Sebelum menjadi negara adidaya, Amerika Serikat memiliki sejarah panjang. Peta dunia menggambarkan Amerika Serikat berada di tengah-tengah Benua Amerika bagian utara. Negara ini berbatasan dengan Kanda di bagian utara, sedangkan Meksiko di bagian selatan.

gres.web.id

Dikutip dari gres.web.id, penduduk pertama Amerika Serikat sebenarnya berasal dari Asia, pada tahun 15.000 silam. Agar bisa sampai di Amerika, penduduk tersebut melintasi Jembatan Bering. Selanjutnya, penduduk kolonis Eropa mulai mendarat ke Benua Amerika. Peta dunia pun menjelaskan, bahwa Amerika Serikat ditemukan oleh Cristopher Colombus yang memberi dampak baik bagi perkembangan Negeri Paman Sam.

Semenjak kehadirannya mulai banyak orang Inggris yang bermigrasi dan menetap di Amerika Serikat. Pelan namun pasti, mereka telah bergenerasi dengan meneruskan keturunan. Nah, keturunan inilah yang diyakini sebagai penduduk asli Amerika Serikat.

Setelah revolusi, Amerika Serikat mengalami kondisi yang memburuk. Banyak masalah internal yang membuat pemerintahan Amerika Serikat memburuk. Perbudakan, konflik dengan negara lain, konflik dengan negara bagian, dan pecahnya beberapa negara bagian. Puncaknya terjadi perang saudara yang terjadi di Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Masalah yang mengilhaminya adalah hak atas negara bagian dinilai tidak mendapatkan keadilan. Dengan begitu beberapa negara di wilayah selatan Amerika berinisiatif melepaskan diri dan membentuk federasi sendiri. Sesudah perang saudara, Amerika Serikat perlahan-lahan bangkit dalam waktu singkat. Pada abad ke-20 Negeri Paman Sam menjadi poros dunia untuk berbagai macam bidang: ekonomi, budaya, teknologi, dan lain sebagainya. Hingga detik ini Amerika Serikat menjadi negara super power yang disegani oleh banyak negara, sekaligus dibenci oleh sebagian negara.

Keikutsertaan Amerika Serikat dalam peperangan di dunia tidak terlalu mencolok, meski negara ini tetap ikut andil dalam Perang Dunia II. Soal permusuhan, Amerika Serikat sempat menyatakan diri bermasalah dengan Uni Soviet yang akhirnya memicu peperangan. Peperangan selanjutnya yang melibatkan Amerika Serikat adalah Perang Vietnam dan Perang Korea.

Itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai sejarah perkembangan Amerika Serikat pada peta dunia. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *